Hajian Mandiri atau Bersama Rombongan Indonesia?

Posted on Posted in Info Haji

Semenjak diberlakukan sistem online, pendaftaran hajian dan proses memperoleh izin (tasreh) haji tidak diperlukan lagi mencari lokasi kantor (maktab/hamlah) yang menyelenggarakan hajian domestik.

Berbeda dengan sebelum tahun 2014, calon jemaah haji dapat mendaftarkan dirinya langsung ke beberapa Hamlah yang kemudian diproses ke Direktorat Imigrasi Arab Saudi.

Kini dengan sistem online mengharuskan setiap calon haji melakukan proses pendaftaran via portal Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Proses tersebut dilakukan secara mandiri untuk menentukan kota pemberangkatan, tipe program hajian yang diinginkan dan penjelasan lain seperti jumlah biaya dan fasilitas yang ditawarkan.

Cara pendaftaran ini membuat calon jemaah akan hajian bersama-sama dalam satu rombongan dengan berbagai macam warga negara lainnya yang mendaftar dengan pilihan yang sama.

Jika dulu biaya tasreh dapat terpisah dengan paket tenda dan konsumsi misalnya, kini biaya haji yang tertera di website sudah mencakup keseluruhan, termasuk fasilitas tenda, transportasi, dan makan sehari-hari selama di Armina (Arofah, Muzdalifah, Mina).

Bagi beberapa calon jemaah haji yang kurang familiar dengan sistem online, merasa kesulitan untuk mendaftarkan dirinya, terutama bahasa yang tersedia hanya Arab dan Inggris.

Untuk menjembatani hal tersebut, beberapa ekspatriat dari beberapa negara memiliki inisiatif mengkoordinir sesama warga negaranya agar dapat berangkat hajian bersama dalam satu rombongan.

Grup hajian ini bermaksud membantu caloh haji sesama warga negaranya, mulai proses mendapatkan tasreh secara online, pemberangkatan ke Makkah dan manasik haji di Armina, ditambah bimbingan (muthowwif) dari Ustadz.

Di antaranya bagi ekspatriat warga Indonesia, grup infohajian juga telah berpengalaman mengkoordinir hajian dalam negeri Arab Saudi semenjak 4 tahun lebih.[]

BagikanShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *